DANTI NURUL HIDAYAH (2023) Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Membilang di KB Ceria Kenteng Kabupaten Kebumen. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaterbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak pada kelompok B di KB Ceri a Kenteng Kabupaten Kebumen. Jumlah peserta didik di Kelompok B adalah 14 anak, dimana 9 anak diantaranya mengalami kesulitan dalam membilang. Anak mengalami kesulitan karena anak memiliki minat yang rendah terhadap kegiatan membilang. Anak merasa kegiatan membosankan dan tidak menarik. Penyebabnya adalah media yang disediakan oleh guru dalam kegiatan membilang terlalu monoton dan tidak bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membilang pada anak kelompok B di KB Ceria Kenteng Kabupaten Kebumen. Manfaat dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan kegiatan yang menarik minat anak dengan media loose parts yang bervariasi. Dengan menggunakan media loose parts, mampu menaikkan minat anak dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan media loose parts mencakup banyak komponen. Medianya juga mudah di dapatkan karena berada di sekitar anak, sekolah, dan rumah. peneliti menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan melalui 2 tahap. Yang pertama adalah siklus 1, dan yang ke 2 adalah siklus 2. Hasil dari penelitian ini adalah media loose parts mampu meningatkan kemampuan anak dalam membilang. Dimana sebelum penelitian hanya 36% anak yang mampu membilang dengan baik dan meningkat menjadi 64% di siklus 1 dan di siklus 2 menjadi 93%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan kognitif, media loose parts, membilang |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3122 |