Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR

SRI HARYANI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena zaman sekarang siswa cepat sekali merasa bosan dan jenuh dalam belajar sehingga membutuhkan pembelajaran yang menarik dan beragam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang dengan menggunakan media permainan tradisional. Dengan media yang menarik dan beragam, siswa akan lebih tertarik untuk belajar sehingga hasil belajar dapat tercapai dengan optimal. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IIIA SD IT Logaritma dengan jumlah 24 siswa menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi,dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Hasil data tes siswa menunjukkan bahwa penerapan metode permainan tradisional dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA dari rata-rata siklus I sebesar 66,87 menjadi 80,00 dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 66,67% menjadi 87,5% di siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan tradisional dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA SD IT Logaritma pada materi keliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bangun Datar, Hasil Belajar, Media Permainan Tradisional.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item
View Item