TRIAS MEGA CAHYANI (2023) Penerapan pendekatan realistik matematika untuk meningkatkan pemahaman sifat - sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman sifat – sifat bangun ruangmenggunakan Pendekatan Matematia Realistik pada siswa kela IV SD Negeri 2 Sumpiuh. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiridari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswakelas IV SD Negeri 2 Sumpiuh yang berjumlah 19 Siswa. Teknik analisis data menggunakan teknikkualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi. Hasil Penelitianmenyatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman sifat – sifat bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri2 Sumpiuh. Dari hasil tindakan Pra siklus diperoleh hasil meningkatnya ketuntasan belajar sebanyak 9siswa dengan nilai rata – rata nya 85 dengan presentase keaktifan siswa sebesar 47, 36%. Hasiltindakan kelas siklus I diperoleh hasil dengan presentase keaktifan siswa naik sebesar 73,68%, siswayang mencapai KKM meningkat pada siklus II diperoleh hasil dengan presentase 94,73%. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi sifat – sifat bangun ruangmenggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman belajar peserta didikdi kelas IV SD Negeri 2 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Sifat Bangun Ruang, Pemahaman konsep, pendekatan matematika realistik |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3118 |