Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan pendekatan realistik matematika untuk meningkatkan pemahaman sifat - sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD

TRIAS MEGA CAHYANI (2023) Penerapan pendekatan realistik matematika untuk meningkatkan pemahaman sifat - sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman sifat – sifat bangun ruangmenggunakan Pendekatan Matematia Realistik pada siswa kela IV SD Negeri 2 Sumpiuh. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiridari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswakelas IV SD Negeri 2 Sumpiuh yang berjumlah 19 Siswa. Teknik analisis data menggunakan teknikkualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi. Hasil Penelitianmenyatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman sifat – sifat bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri2 Sumpiuh. Dari hasil tindakan Pra siklus diperoleh hasil meningkatnya ketuntasan belajar sebanyak 9siswa dengan nilai rata – rata nya 85 dengan presentase keaktifan siswa sebesar 47, 36%. Hasiltindakan kelas siklus I diperoleh hasil dengan presentase keaktifan siswa naik sebesar 73,68%, siswayang mencapai KKM meningkat pada siklus II diperoleh hasil dengan presentase 94,73%. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi sifat – sifat bangun ruangmenggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman belajar peserta didikdi kelas IV SD Negeri 2 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sifat Bangun Ruang, Pemahaman konsep, pendekatan matematika realistik
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item
View Item