Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANTRI PADA ANAK KELOMPOK A DI KB AL MUBTADIIN TELAGA

ANI NAJIAH (2023) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANTRI PADA ANAK KELOMPOK A DI KB AL MUBTADIIN TELAGA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dalam permasalahan ini adalah belum berkembangnya perkembangan sosial emosional anak pada kegiatan mengantri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan mengantri pada anak kelompok A di KB Al Mubtadiin Telaga. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas. Analisis data dalam penelitian ini untuk menganalisis hasil refleksi, lembar observasi, APKG dengan mengamati simulasi pembelajaran untuk melihat kesesuaian aspek yang di amati serta kesesuaian guru dalam mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, supervisor 2 dan teman sejawat, dan 21 murid kelompok A di KB Al Mubtadiin Telaga. Kelompok A dipilih karena kemampuan anak yang belum berkembang dan lebih mudah diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada siklus I sebanyak 75% dan di siklus II sebanyak 90% dimana dalam kegiatan tersebut anak sudah dapat disiplin dan perkembangan sosial emosional anak di KB Al Mubtadiin Telaga sudah berkembang dengan maksimal. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kegiatan mengantri ini dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Kegiatan Mengantri, Sosial Emosional
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item
View Item