AFIATUN TRIAS SALAMAH (2023) Penerapan Metode Membaca Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV di SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian tentang Penerapan Metode Membaca Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV kabupaten Brebes. Rendahnya keterampilan membaca puisi siswa yaitu guru masih belum mampu memfasilitasi pembelajaran untuk melatih intonasi, pelafalan, dan ekspresi, kurangnya alat bantu dalam pembelajaran membaca puisi baik dari segi media maupun metode, dan siswa yang jarang dilatih untuk menunjukan keterampilan membaca khususnya membaca puisi. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan membaca puisi dengan metode membaca terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi sisw. Berdasarkan hasil tes diketahui pada siklus 1 hanya 30% siswa mencapai ketuntasan belajar, terjadi peningkatan 80% siswa mencapai ketuntasan belajar pada siklus 2. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi dan meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca puisi.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Membaca terbimbing, Puisi, Keterampilan membaca puisi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3103 |