AKHISNA VIKAMALINA (2023) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTUREPADA SISWA KELAS II SEMESTER II SD NEGERI UJUNGMANIK 01 KAWUNGANTENTAHUN PELAJARAN 2022/2023Akhisna Vikamalina1)Ilham Arya Susanto, M.Pd2)1)Mahasiswa Program Studi PGSD Fakultas FKIP Universitas Terbuka2)Dosen Program Studi Karya Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian Tindak Kelas ini adalah peningkatan motivasi dan prestasi belajar Matematika materi pecahan melalui model picture and picture. Dalam penelitian tindak kelas ini penulis mengangkat permasalahan bahwa dikelas penulis bertugas, sebagian besar siswa kurang berminat dan tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang berakibat penguasaan terhadap materi pembelajaran dan pretasi hasil belajar sangat rendah. Tujuan penelitian tindak kelas ini disamping untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sehingga prestasi hasil belajar Matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas II SD Negeri Ujungmanik 01 Kawunganten meningkat, sekaligus merupakan salah satu syarat tugas akhir mata kuliah Pemantapan Kemampuan Provesional (PDGK 4501) program S1 PGSD FKIP UT. Subyek Penelitian adalah kelas II SD Negeri Ujungmanik 01 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap yang berjumlah 21 siswa ,yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Peneliti tidak kelas ini dirancang dalam 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari 2(dua) pertemuan. Siklus 1 dilaksanakan tanggal 10 dan 12 April 2023 dan siklus 2 dilaksanakan tanggal 17 dan 18 April 2021. Peneliti tindakan kelas ini efektif untuk meningkatakan motivasi dan pretasi belajar siswa. Terbukti dari hasil belajar siswa melalui ulangan formatif mata pelajaran Matematika materi pecahan pada Pra siklus hanya 5 dari 21 siswa (23.80%) yang mampu memperoleh nilai di atas KKM (70) dengan nilai rata-rata 50,47. Kemudian pada siklus I, siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu 10 dari 21 siswa (52.38%) dengan nilai rata-rata 64,28. Dan pada siklus II, ketentuan belajar meningkat lagi menjadi 18 dari 21 siswa ( 85.72%) dengan nilai rata-rata juga juga meningkat lagi mencapai 85,71. Saran yang dapat disampaikan adalah sebelum melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran, guru hendaknya melakukan perencanaan yang matang dan melibatkan lebih banyak pihak. Hal ini dilakuakan agar tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan lebih efektif dan berdaya guna.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Motivasi Belajar, prestasi siswa, metode picture and picture |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3101 |