ASIH SETIANINGRUM (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN RME BAGI SISWA KELAS III SDN 1 TALAGENING BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPecahan merupakan salah satu materi pada pembelajaran matematika yang dinilai cukup sulit bagi siswa khususnya di sekolah dasar, karena konsep pecahan yang sifatnya abstrak. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi pecahan. Salah satu pendekatan matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan adalah pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Talagening Bobotsari Kabupaten Purbalingga pada siswa kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Pengambilan data kuantitatif melalui tes evaluasi per sikus, sedangkan pengambilan data kualitatif melalui observasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari nilai rata-rata 73,88 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 74,19% pada siklus I menjadi nilai rata-rata 80,29 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 87,10% pada siklus II. Dengan demikian, pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas III semester II SDN 1 Talagening Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2022/2023.ABSTRACTFractions are one of the materials in learning mathematics which is considered quite difficult for students, especially in elementary schools, because the concept of fractions is abstract in nature. This is what causes low student learning outcomes in fractional material. One of the mathematical approaches that can be used to improve student learning outcomes in fractional material is the RME (Realistic Mathematics Education) approach. This research was conducted at SDN 1 Talagening Bobotsari, Purbalingga Regency for third grade students. This study aims to improve the learning outcomes of mathematics fraction material in class III elementary school students. The type of research conducted was classroom action research (CAR), which consisted of two cycles. Each cycle consists of stages: planning, implementing, observing, and reflecting. The data collected are quantitative data and qualitative data. Collecting quantitative data through evaluation tests per cycle, while collecting qualitative data through observing the learning process. The results showed that there was an increase in student learning outcomes, namely from an average score of 73.88 with a percentage of complete learning outcomes of 74.19% in cycle I to an average score of 80.29 with a percentage of completeness of learning outcomes of 87.10% in cycle II. Thus, the RME approach can improve the mathematics learning outcomes of fraction material for class III students in semester II of SDN 1 Talagening Bobotsari, Purbalingga Regency, for the 2022/2023 academic year.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: hasil belajar, pecahan, RME Keywords: learning outcomes, fractions, RME |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3093 |