PUTRI RISASTI (2023) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan dan FungsinyaSDN Kalijaran 02. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar peserta didik dalam materi bagian tumbuhan dan fungsinya pada pelajaran IPA menunjukkan hasil yang rendah,. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik sebanyak 10 (75%) dari 12 siswa belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi bagian tumbuhan dan fungsinya serta meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 02 Kalijaran. Subyek penelitian terdiri dari 12 siswa kelas IV SDN 02 Kalijaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan terdapat peningkatan yang signifikan pada kedua siklus pembelajaran. Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik 56.4, siklus I nilai rata-rata peserta didik 68.6 atau 42% siswa yang mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, dan pada siklus kedua, nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 92 atau 92% siswa yang mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning secara efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam memahami materi bagian tumbuhan dan fungsinya
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran, Hasil Belajar , Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3092 |