KHAMSIYATI (2023) PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RA TUNAS BANGSA DEPOK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKMetode bercerita yang digunakan RA Tunas Bangsa Depok untuk tujuan pembinaan perkembangan bahasa pada anak usia dini Perkembangan Bahasa (Berbahasa) mengacu pada proses dimana anak usia dini menjadi mahir dalam mengolah kata secara lisan dan tulisan. Tujuan analisis dalam penelitian yang dilakukan peneliti di RA Tunas Bangsa Depok dengan menggunakan metode storytelling adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak saat masih kecil. Penelitian ini dilakukan selama dua iterasi, yang masing-masing mempunyai 5 kali pertemuan dengan RPPH. Perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan refleksi adalah tahapan yang membentuk siklus perbaikan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak Kelas B dengan jumlah total siswa adalah 11 orang, dengan 7 laki-laki dan 4 perempuan dalam kelompok tersebut. Pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai metodologi penelitian. Hasil penelitian ini yaitu meningkatkan hasil kemampuan berbahasa anak, terlihat pada hasil yang diperoleh untuk anak yang perkembangannya pada masing-masing meningkat 31,33% pada siklus I dan terbukti sebesar 43,88% pada siklus II. Hal ini terlihat pada hasil yang diterima anak yang hasilnya meningkat 31,33% pada siklus I dan sebesar 43,88% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : bahasa, bercerita , Metode kuantatif, Penelitian Deskriptif. |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3090 |