Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Melalui Media Kartu Kata (Flash Card) Di Sdn 2 Cipari Kecamatan Mangkubumi Tasikmalaya

RESTA RATNANINGSIH (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Melalui Media Kartu Kata (Flash Card) Di Sdn 2 Cipari Kecamatan Mangkubumi Tasikmalaya. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas I melalui media kartu kata (flash card) di SDN 2 Cipari Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis & Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus.. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas I SDN 2 Cipari yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil tes keterampilan membaca permulaan serta lembar observasi siswa pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kemudian data di analisis dari nilai rata-rata, presentasi dan kategorisasi. Dari hasil analisis data lembar observasi kegiatan siswa Siklus I pada pembelajaran membaca permulaan mengalami peningkatan dari rerata 71,88% dengan kategori cukup menjadi 84,6 % pada Siklus II dengan kategori baik. Sedangkan dari nilai tes keterampilan membaca diperoleh dari siklus I sebesar 69% dan pada siklus II sebesar 77 %. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek ketepatan, lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara. Abstract: The aim of this study is to improve the process and initial reading skills through the use of flash card media in first grade students of 2 Cipari elementary school. This methode of research is a Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis & Taggart model design which was carried out in two cycles. This subject research used as implementation among the first grade at 2 Cipari elementary school that consisting of 16 male students and 10 female students. The technique of collecting data uses the observation and test performance of initial reading skills. Data analysis techniques used quantitative and qualitative descriptive. Then the data is calculated from the average value, presentation and categorization. The result of observation of student activities that use from the average achievement of the first cycle it increased to 71,8 % and in the second cycle to 84,6 % in Cycle II with the ‘good’ category. The results of initial reading skills of student activities also increased from the first cycle, 69 % to 77 % in the second cycle. Improved initial reading skills can be seen from the increase in the average score aspects of accuracy, pronunciation, intonation, fluency and sound clarity

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Membaca permulaan, flash card, Sekolah Dasar Keywords: Initial Reading skills, Flash card, Elementary School
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item
View Item