ULFA NUR FADILAH (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dengan Metode Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IV. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Beranjak dari permasalahan tersebut maka salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, yaitu suatu model pembelajaran dimana peserta didik belajar dan bekerja sama dalam kelompok kecil yang secara kolaboratif dengan anggota 4-5 orang. Tujuan peneliatian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan menggunakan observasi dan tes, selanjutnya diolah menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penggunaan pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD yaitu dapat mempermudah siswa dalam memahami materi energi dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3087 |