Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG DONGENG (FABEL)

LENI RISMAWATI (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG DONGENG (FABEL). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang memiliki peranan penting dalam berinteraksi. Di dalam Bahasa memiliki empat keterampilan khusus, yaitu, membaca, menyimak, menulis, mendengarkan. Dalam kehidupan sehari –hari ataupun akademik, membaca dianggap aspek yang penting karena dapat memunculkan dan mengembangkan ide – ide, gagasan dengan bervariatif serta baik. Tetapi bagi anak kelas rendah membaca masih sangat rendah khusunya membaca pemahaman, karena mereka membaca hanya dengan membaca nyaring saja. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin pembelajaran lebih menarik maka penulis mengadakan penelitian tentang Penggunaan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia TentangDongeng ( Fabel). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Cileuleus dengan populasi seluruh siswa kelas 2 dengan jumlah 25 siswa, maka mengambil metode total sampling populasinya yang kurang dari 100 siswa. Penelitian ini juga menggunakan analisis non – statistik dan mengolah data dengan cara menyajikan dalam siklus dengan data lengkap. Penelitian ini penulis menggunakan penelitian tindakan kelas ( action research ). Dimulai dengan pra siklus, silkus 1 dan siklus 11 terdiri dari perencanaan, tindakan, pengmatan, dan refleksi. Dan pada pra siklus sama dengan penjelasan pada siklus 1 dan siklus 11, namun harus ditambah dengan hasil kemajuan (perubahan) pada peserta didik, lingkungan dan peneliti terhadap data yang bersifat kualitatif. Maka peneliti menafsikan dan membandingan antara suatu standar antau kriteria penilian pengetahuan dan lembar hasil observasi sikap terlampir yang telah dibuat oleh penulis. Dari hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kriteria ketuntasan belajar siswa mencapai nilai KKM 72 pada siklus 1 sebesar 44 %. Dan pada siklus ke 11 mendapat 92 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang dongeng ( fabel )

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : model pembelajaran cooperative learning tipe make a match , hasil belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item
View Item