SITI JULAEHA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Sederhana melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Di Kelas III B SDN Padamukti. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran Matematika pada materi konsep pecahan Sederhana. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi .Subjek penelitian adalah siswa kelas III B terdiri dari 9 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini di laksanakan di SDN Padamukti, Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: 1. penggunaan metode demonstrasi yang diterapkan pada mata pelajaran Matematika sangat efektif, dengan metode demonstrasi ini peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran, siswa lebih antusias dan pembelajaran menjadi lebih menarik. 2. Meningkatkan hasil belajar peserta didik di setiap Siklusnya. Hal ini di buktikan dengan meningkatnya Rata-rata nilai evaluasi kelas di setiap siklus. Nilai rata-rata evaluasi kelas III B pada siklus 1 mencapai 65 dengan persentase peserta didik yang mendapatkan Nilai di atas KKM sebesar 31% pada siklus 2 Nilai rata-rata nilai kelas mencapai 88 dengan persentase peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM sebesar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi pecahan sederhana.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pecahan Sederhana, Hasil Belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3084 |