Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Pemahaman Siswa MI Kelas VI Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)

FANTRI LOLINA (2023) Peningkatan Pemahaman Siswa MI Kelas VI Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKLatar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami tentang penyelesaian soal cerita pada pembelajaran matematika materi statistika data sub materi median. Dengan penyampaian materi yang cukup membosankan saat siswa belajar, membuat siswa kurang termotivasi sehingga nilai kognitif siswa di bawah kriteria ketuntasan minimal. Dalam pendekatan RME ini menekankan akan pentingnya konteks nyata yang dikenal siswa dan proses konstruksi pengetahuan matematika oleh siswa sendiri sehingga konsep yang diterima siswa lebih bermakna. Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VI MI FAROHUL HUDA tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penyelesaian soal cerita pada pembelajaran matematika siswa kelas VI MI Farohul Huda Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat pada materi statistika data sub materi median. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pra siklus hingga siklus 2, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang penyelesaian soal cerita pada pembelajaran Matematika di kelas VI MI FAROHUL HUDA, Sukatengah, Sukamulya, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Kondisi ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar yang diperoleh pada saat observasi. Berdasarkan hasil belajar para siklusm mencapai rata-rata kelas 61,57 dengan persentase ketuntasan 25,00%, pada Siklus I mencapai rata-rata kelas 83,59 dan presentase ketuntasan 72,5%, dan Siklus II rata-rata kelas 95,71 dan presentase ketuntasan 87,5%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa, Pembelajaran Matematika SD, Realistic Mathematic Education, Soal Cerita
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3079

Actions (login required)

View Item
View Item