WINDI RIZKI UTAMI (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI HAK, KEWAJIBAN, DAN ATURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana hasil penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi hak, kewajiban, dan aturan pada mata pelajaran pendidikan Pancasila semester II tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Model Aulady yang berjumlah 19 orang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan diakhiri dengan refleksi. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pelaksanaan kewajiban pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Peningkatan presentase ketuntasannya mulai dari pra siklus sebesar 31,6% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 47,4% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 63,2%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif, kooperatif tipe Jigsaw, hak dan kewajiban |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3078 |