Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA

ANNISA KHALIPATUNNISA (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPA memiliki peranan penting dalam kehidupan, oleh karenanya dibutuhkan inovasi pembelajaran yang menarik untuk mengajarkan IPA di Sekolah Dasar. Pendekatan terbaik dalam mengajarkan IPA adalah dengan menerapkan pembelajaran yang melibatkan langsung peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif perlu diadopsi, karena selain meningkatkan keterampilan kritis siswa, juga akan memberikan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia menggunakan model pembelajaran CTL di kelas 5 SDN 3 Mekargalih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus pada penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama, siswa yang memiliki hasil tes di atas KKM sebanyak 56,25%. Sedangkan pada siklus kedua, siswa yang memiliki nilai di atas KKM lebih banyak dari siklus pertama yaitu 94,74%. Berdasarkan pada penelitian tersebut, penggunaan model Pembelajaran CTL dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA materi Peredaran Darah Manusia

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran CTL, hasil belajar IPA, peredaran darah manusia
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item
View Item