SARINA KURNIASIH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN METODE DEMONSTRASI TENTANG MATERI LAMBANG DAN NAMA BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran Matematika, khususnya dalam materi Lambang dan Nama Bilangan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi tersebut di kelas I SD Negeri Sukasari III. Desain prosedur perbaikan pembelajaran yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart, yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc. Hasil perbaikan pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman siswa terhadap materi Lambang dan Nama Bilangan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dengan rata-rata nilai evaluasi hasil belajar siswa pada pra-siklus sebesar 62,6%, siklus I sebesar 72,6%, dan siklus II sebesar 88,1%. Selain itu, terlihat juga peningkatan dalam persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar, dengan persentase sebesar 26% pada pra-siklus, 59% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,9% pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar siswa dan tingkat ketuntasan belajar menunjukkan peningkatan yang signifikan setiap siklus dalam kegiatan perbaikan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstrasi melalui media gambar efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya dalam materi Lambang dan Nama Bilangan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3073 |