IIN KHURIN 'AIN (2023) Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan di Kelas 1 SDN 1 Kalibaru. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKMata pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang diminati siswa, sehingga hasil belajar siswa kelas 1 SDN 1 Kalibaru pada operasi hitung pejumlahan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Selain itu juga, guru masih menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembeajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung penjumlahan, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan melalui model pembelajaran Make A Match. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama II siklus, tiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan tahap masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 1 Kalibaru, untuk subyek penelitiannya adalah siswa kelas 1 dengan jumlah 30 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 16% dan siklus II sebesar 24%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : hasil belajar, Make a Match |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3072 |