Search for collections on Karya Ilmiah

Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Garut Islamic School Prima Insani

AMALIA AUDINA (2023) Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Garut Islamic School Prima Insani. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Garut Islamic School Prima Insani. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil persentase ketuntasan pada pra siklus sebesar 48%, pada siklus I meningkat sebesar 78%, pada siklus II meningkat 92%. Rata-rata nilai evaluasi meningkat dari pra siklus menjadi 78 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi teks dongeng pada siswa kelas II SD Garut Islamic School Prima Insani Tahun Ajaran 2022-2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Dongeng, Hasil belajar, Model STAD
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item
View Item