Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIKELAS V SD NEGERI 2 CUKANGKAWUNG TASIKMALAYA

MUSABIQ FIKRI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIKELAS V SD NEGERI 2 CUKANGKAWUNG TASIKMALAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian mengenai meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 1 Sekolah Dasar Negeri 2 Cukangkawung Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model Kooperatif Team Asissted Individualization. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah guru menggunakan metode mengajar yang kurang tepat dimana dalam proses pembelajaran hanya terjadi pembelajaran satu arah, siswa cenderung pasif dan hanya menyimak apa yang dijelaskan oleh guru. Dalam proses pembelajaran guru terlihat sangat mendominasi jalannya proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang berlangsung, sehingga guru akan semakin profesional dalam menjalankan tugasnya dengan menambah pengalaman dan pengetahuan dalam melakukan refleksi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus perbaikan pembelajaran, subjek pelaku pembelajaran adalah Guru kelas V dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 SD Negeri 2 Cukangkawung. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui proses evaluasi dan catatan observasi. Dari penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata siswa selama proses perbaikan dari siklus 1 sampai sikuls 2 mengalami peningkatan mencapai 84,50 dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75,00, dan selama perbaikan pembelajaran keaktifan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus ke 2 mencapai 100%. Dari hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, siklus pertama dan siklus kedua dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Kooperatif Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Cukangkawung Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Ekosistem.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI), SDN 2 Ckangkawung Tasikmalaya
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item
View Item