Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS II SDN 1 SINDANGJAWA KABUPATEN KUNINGAN

DESTI GUNARTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS II SDN 1 SINDANGJAWA KABUPATEN KUNINGAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKLatar belakang penelitian perbaikan ini dikarenakan masih rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman materi, siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran, serta penggunaan metode kurang bervariasi. Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar melalui media puzzle pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Sindangjawa Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan. Penelitian dilaksanakan di Kelas II yang terdiri dari 23 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Dalam rencana kegiatan ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dan masing-masing siklus mengalami empat tahapan (perencanaan, pelasanaan, observasi dan refleksi). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase dari evaluasi hasil belajar siswa, sedangkan dari lembar observasi/ pengamatan proses belajar mengajar melalui pengolahan secara kualitatatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar di kelas II SD Negeri 1 Sindangjawa Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta aktivitas siswa dan performansi guru selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar, matematika, media, puzzle
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item
View Item