Search for collections on Karya Ilmiah

Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Tegak Bersambung

WIDA PADILAH (2023) Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Tegak Bersambung. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan metode drill dalam penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung, bagaimana penggunaan metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis tegak bersambung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan observasi secara langsung di UPTD SDN 1 Karanganyar Kecamatan Indramayu. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 1 yang berjumlah 43 siswa. Temuan hasil observasi pada siklus 1 yang dilaksanakan pada tanggal 3 mei 2023 diketahui bahwa dari 43 siswa hanya 35% yang sudah mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan benar, sedangkan 65% belum mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan benar. Dengan demikian maka di lakukan pelaksanaan perbaikan siklus 2 pada tanggal 13 mei 2023. Dari temuan observasi siklus 2 dari 43 siswa, 88% sudah mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan benar, sedangkan 12% belum mampu menulis tegak bersambung dengan baik dan benar. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung.The use of the drill method in the research conducted aims to determine the increase in students’ skills in cursive writing, how the use of the drill method is an effort to improve students’ ability in cursive writing. In this study using qualitative and quantative research method, with direct observation at UPTD SDN 1 Karanganyar Indramayu District. The research subjects were grade1 students totaling 43 student. The findings from observations in cycle 1 which was held on May 3 2023 revealed that out of 43 students only 35% were able to write cursive neatly and correctly, while 65% were not able to write cursive neatly and correctly. Thus, the implementation of improvement in cycle 2 was carried out on May 13, 2023. From the findings of observation in cycle 2 of 43 students, 88% were able to write cursive neatly and correctly, while 12% had not been able to write cursive properly and correctly. The results of the study concluded that the use of the drill method can improve students’ skills in cursive writing

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: metode drill, bahasa Indonesia, menulis tegak bersambung
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3063

Actions (login required)

View Item
View Item