SRI MULYANI RAHAYU (2023) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG JENIS UANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
IPS merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai peserta didik di Sekolah Dasar agar dapat mengenal fenomena sosial. Melalui pembelajaran IPS, siswa dibekali berbagai keterampilan yang diperlukan dirinya agar mampu memecahkan berbagai masalah, mampu berkomunikasi, bekerjasama dan bersaing didalam masyarakat yang majemuk. Salah satu materi IPS yang harus dipahami siswa kelas III adalah materi Jenis uang yang beredar di masyarakat. sehingga siswa akan mempunyai wawasan dan dapat menentukan sikap positif dalam menyikapi lingkungan setempat. Berdasarkan observasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ternyata sebagian besar siswa kelas III SDN 3 Sukamenak Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya yang mencapai tingkat penguasaan materi masih kurang. Hal ini dapat diketahui dari nilai akhir yang diperoleh siswa baru mencapai rata-rata sebesar 56. Nilai rata-rata ini masih kurang bila dibandingkan dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70,00. Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih kurang, hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Untuk mengatasi hal ini, peneliti (guru) menganggap perlu agar dilakukan pengembangan strategi belajar mengajar melalui media pembelajaran yang tepat. Media gambar sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat membantu untuk menyampaikan dan mempermudah penyampaian materi Jenis uang yang beredar di masyarakat pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: jenis uang , media belajar , Pemahanan, pembelajaran IPS |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3062 |