LISMARINNE APRIANTI (2023) PENGGUNAAN MEDIA ROTARY WHEEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD RABBANI SUMEDANG DALAM MEMPELAJARI MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya penggunaan media pembelajaran Rotary Wheel terhadap motovasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Rabbani Sumedang dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Untuk mengetahui kefektifakan penggunaan media Roda Putar maka dilakukan penelitian dengan menggunakan One grup Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan adalah rekap nilai harian siswa untuk mendapatkan kondisi awal siswa serta materi yang akan diajarkan dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Soal yang digunakan pada tes yaitu berupa soal essay sebanyak 6 soal. Analisis data menggunakan menggunakan teknis analisis data peneliti menggunakan uji N-Gain. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang nilainya di atas KKM yaitu sebesar 58% dimana hal ini menunjukkan bahwa media Rotary Wheel dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari materi luas dan keliling bangun datar. Dari perhitungan N-Gain didapatkan hasil sebesar 0,2, artinya peningkatan hasil belajar dalam kategori rendah. Jadi disimpulkan pada penelitian ini, penggunaan media Rotary Wheel tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Rabbani Sumedang dalam mempelajari materi luas dan keliling bangun datar.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Rotary Wheel, Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3061 |