Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD ISLAM MUTIARA HATI

DEWI HANDAYANI (2023) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD ISLAM MUTIARA HATI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu karakteristik belajar matematika adalah abstraksi. Abstraksi ini membuat matematika sulit untuk dipelajari. Selain itu, kegiatan mengajar dan belajar matematika di kelas juga dianggap kurang merangsang siswa untuk berpikir dan berperan aktif. Jadi dibutuhkan pendekatan rasional untuk mempelajari matematika dan pada akhirnya membuat siswa lebih pintar dalam matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pelajara matematika di Kelas V SD. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa SD Islam Mutiara Hati kelas 5, berjumlah 27 orang, 13 anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realistis (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pecahan. Artinya, Siklus I 70%, siklus II 89% tuntas, dan penelitian dihentikan. Hal ini ditunjukkan oleh proporsi yang meningkat dari data keterampilan kualitatif siswa dengan setiap siklus.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: pecahan, Realistic Mathematics Education, hasil belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item
View Item