ENGELINA LIMBONG (2023) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Problem Based Learning (PBL) di kelas 2 SD Yos Sudarso Purwakarta. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Karena gaya ceramah masih mendominasi dan isinya tidak sesuai dengan situasi sebenarnya, maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 2 SD Yos Sudarso tahun pelajaran 2022/2023 masih kurang baik. Tujuan menyeluruh studi ini adalah untuk menguraikan bagaimana memperkenalkan kerangka pedagogis Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan retensi pengetahuan. Penelitian ini mengikuti format Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Penelitian ini melibatkan 28 siswa dari SD Yos Sudarso Purwakarta. Metode pengumpulan data, meliputi metode tes dan nontes. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif diterapkan pada data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi siswa aktif meningkat dari 21,42 persen atau sebanyak enam siswa pada pra siklus menjadi 53,57 persen atau sebanyak lima belas siswa pada siklus I dan menjadi 78,57 persen atau sebanyak sebanyak dua puluh dua siswa, pada siklus kedua. Tingkat pencapaian KKM pra siklus sebesar 53,57 persen (15 siswa), tingkat pencapaian siklus I sebesar 78,57 persen (22 siswa), dan pada tingkat pencapaian siklus II semua siswa mencapai nilai KKM sebanyak 28 siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Keaktifan; Hasil Belajar; Problem Based Learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3056 |