Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPA SISWA KELAS IV SDN 1 CIGANJENG KECAMATAN PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN PADA KONSEP GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI

INTAN RATNASARI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPA SISWA KELAS IV SDN 1 CIGANJENG KECAMATAN PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN PADA KONSEP GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada materi konsepgaya dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 1 Ciganjeng melalui penerapan metode index card match. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Demonstrasi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus adapun langkah-langkah setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui Tes Formatif dan dianalisis secara deskriptif dengan menjumlahkan aktivitas yang muncul dan untuk setiap aktivitas tersebut dilihat nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan metode demonstrasi, rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus 1 aktivitas siswa mencapai rata-rata 60.25 ini menunjukkan kriteria cukup, pada siklus 2 aktivitas siswa mencapai rata-rata 64.68 ini menunjukkan kriteria antara baik dan sangat baik, pada siklus 3 aktivitas siswa mencapai 74.18, ini menunjukkan kriteria sangat baik. Oleh karena itu, metode demonstrasi dianggap efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ciganjeng

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Konsep Gaya, Metode Demonstrasi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3055

Actions (login required)

View Item
View Item