GLADYS YANIWANTI G (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini memiliki sebuah tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenai penyajian data pada mata pelajaran matematika dengan memanfaatkan model pembelajaran berbasismasalah atau problem based learning (PBL). Subjek penelitiannya yaitu 36 siswa kelas V di SDBimasena. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Penelitian inidilakukan dalam beberapa tahap yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada penelitian ini hal yangdiperhatikan adalah peningkatkan hasil belajar dari berapa persen siswa yang dapat kategori tuntas ataumelebihi KKM dan melihat hasil belajar siswa dari nilai rata-rata yang diperolehnya persiklus. Hal inidapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar matematika pada prasiklus sebesar 46%, pada siklus I sebesar77% dan pada siklus II sebesar 92%. Selain itu terdapat juga peningkatan nilai rata-rata yaitu pra siklussebesar 59 dengan kategori kurang, siklus I sebesar 70 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 88dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, penyajian data, pembelajaran berbasis masalah, problem basedlearning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3054 |