Search for collections on Karya Ilmiah

Implementasi Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 2 Bangunsari

ANA MAWAR (2023) Implementasi Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 2 Bangunsari. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bangunsari setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Bangunsari pada semester genap 2022/2023 yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Kemudian data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Pada Siklus 1 hasil belajar menunjukkan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,50 dan standar KKM nya 75. Selanjutnya pada Siklus 2 menunjukkan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 100 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,75. Ketuntasan hasil belajar secara pada Siklus 1 yaitu 40 % dan pada Siklus 2 terjadi peningkatan sebanyak 60%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN 2 Bangunsari Kabupaten Ciamis.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Hasil Belajar; Model Pembelajaran;Pembelajaran IPA SD.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item
View Item