ANA MAWAR (2023) Implementasi Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 2 Bangunsari. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bangunsari setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Bangunsari pada semester genap 2022/2023 yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Kemudian data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Pada Siklus 1 hasil belajar menunjukkan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,50 dan standar KKM nya 75. Selanjutnya pada Siklus 2 menunjukkan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 100 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,75. Ketuntasan hasil belajar secara pada Siklus 1 yaitu 40 % dan pada Siklus 2 terjadi peningkatan sebanyak 60%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN 2 Bangunsari Kabupaten Ciamis.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Hasil Belajar; Model Pembelajaran;Pembelajaran IPA SD. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3050 |