WITA SUPARTINI (2023) PENGGUNAAN MEDIA CONGKAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERKALIAN MATEMATIKA DI KELAS 3 SDN WANASARI I. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Wanasari I dengan didasarkan pada kondisi kemampuan matematika siswa Kelas III SDN Wanasari I masih rendah. Terdapat kelemahan pada siswa kelas III dalam penguasaan pembelajaran materi perkalian matematika termasuk keaktifan siswa dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian Tindakan Kelas agar dapat meningkatkan hasil belajar materi konsep perkalian matematika pada siswa Kelas III di SDN Wanasari I. Penelitian ini dilakukan dengan metode permainan menggunakan media pembelajaran Congklak. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas III, ditemukan bahwa penggunaan media congklak dapat menambahkan kepercayaan dan keingintahuan siswa terhadap materi pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena penggunaan media congklak membuat belajar menjadi menyenangkan dan menimbulkan kepercayaan diri siswa untuk membuktikan pengetahuan dan kemampuannya tentang konsep perkalian. Melalui penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media congklak dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian di kelas III SD Negri Wanasari I. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil pengamatan siklus ke 1 dan siklus ke 2 yang mengalami perubahan postitif dimana nilai KKM dalam pembelajaran Matematika materi perkalian pada siswa kelas III SDN Wanasari I mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Materi Perkalian, Media Congklak |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3043 |