Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TEEHADAP SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS 3 SD ATTA'ZHIMIYAH

NENG DINY BUDIARTY (2023) MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TEEHADAP SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS 3 SD ATTA'ZHIMIYAH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah utama yang dihadapi oleh guru saat memberikan materi pelajaran matematika adalah rendahnya motivasi belajar matematika pada siswa. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan upaya untuk mengubah siswa agar termotivasi sehingga tertarik untuk belajar matematika dan memberikan hasil yang optimal. Pada umumnya soal cerita pada pelajaran matematika kurang dapat dipahami oleh siswa dan penyebabnya ada beberapa faktor, diantaranya yaitu karena siswa kurang cermat dalam membaca dan memahami kalimat yang ada pada soal tersebut. Selain itu siswa juga kurang mengerti apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal serta kurang mengerti tentang bagaimana cara untuk menyelesaikan soal tersebut dengan cara yang tepat dan hasilnya benar. Maka dari itu peneliti mencoba mengadakan PTK yang berjudul Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Metode Diskusi Di Kelas 3 SD Atta’zhimiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi penelitian yang dilaksanakan di SD Atta’zhimiyah Bandung. Objek yang diteliti adalah siswa kelas III.A SD Atta’zhimiyah semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil yang ditemukan oleh peneliti adalah ada peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Pada Siklus I yang mendapat nilai lebih dari 75 yaitu sebanyak 10 siswa. Pada siklus ke II siswa yang mendapatkan nilai lebih dari 75 meningkat menjadi 23 siswa. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dalam menyelesaikan soal cerita pada pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa serta dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam mengeluarkan pendapat dan juga dapat meningkatkan motivasi siswa pada pelajaran matematika terutama dalam menyelesaikan soal cerita.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Matematika, Soal Cerita dan Metode Diskusi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3040

Actions (login required)

View Item
View Item