Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI SISWA KELAS 4 SDN 2 RANCAEKEK BANDUNG

NURHAIDA AMBARITA (2023) PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI SISWA KELAS 4 SDN 2 RANCAEKEK BANDUNG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih berada dibawah KKM. Hal tersebut karena metode yang digunakan oleh guru kecenderungan masih menggunakan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah. Sehingga tujuan penelitian ini dengan menggunakan model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis PTK dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Masing-masing siklus dilakukan dengan tahapan menyusun rencana perbaikan, pelaksanaan perbaik2an, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes berbentuk uraian. Subjek penelitian terdiri dari 13 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Hasil penelitian diperoleh skor rata- rata siswa pada siklus I 60,64, dan skor rata-rata siswa pada siklus II 72,25, demikian pula dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 41,94% dan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus II 80,64%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model jigsaw, mata pelajaran IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3031

Actions (login required)

View Item
View Item