Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD IT BINA INSAN CENDEKIA

NAJAH DZAKIYATUL HAKIMAH (2023) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD IT BINA INSAN CENDEKIA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini di lakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Pra siklus dengan nilai rata-rata 56,50 sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) bernilai 75. Hal ini dikarenakan dari hasil evaluasi pemahaman konsep yang telah dilakukan di kelas 4 SD IT Bina Insan Cendekia bahwa proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru cenderung memakai metode ceramah. Sehingga proses belajar berjalan membosankan dan kurang menarik perhatian peserta didik khususnya dalam memahami mata pelajaran Matematika pada bab pecahan. Sehingga pada Penelitian Tindakan Lanjut (PTK) di lakukan menggunakan metode demonstrasi pada materi pecahan. Tujuan peneliltian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model demonstrasi. Yang utama dari penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti sebagai guru kelas IV di SD IT Bina Insan Cendekia Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi tahun pelajaran 2023- 2024. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD IT Bina Insan Cendekia. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi dan soal evaluasi. Hasil evaluasi pemahaman konsep mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yakni pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata 60,08 dan pada siklus 2 mencapai nilai rata-rata 81,56. Selain itu dibuktikan dari hasil keterlaksanaan proses pembelajaran yang mempunyai skor 94% pada siklus 1 dan skor 96% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model demonstrasi dapat meningkatan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD IT Bina Insan Cendekia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: metode demonstrasi, mata pelajaran Matematika, pecahan, 81,56
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item
View Item