ASTRI SUPRAPTINI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Origami pada Kelas 3 SD Islam Terpadu Luqmanul Hakim Bandung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan aktivitas belajar siswa kelas 3 SD Islam Terpadu Luqmanul Hakim Bandung pada pelajaran matematika, khususnya materi keliling bangun datar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan hasil belajar dan peningkatan aktivitas siswa dengan memanfaatkan origami sebagai media bangun geometri dua dimensi. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilakukan untuk dua kali siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan untuk hasil belajar siswa. Saat prasiklus, hanya 31% dari siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 80. Setelah dilakukan siklus 1, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 69%. Bahkan di akhir siklus 2, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 100% yang berarti semua siswa telah memperoleh nilai ≥ 80 . Oleh karena itu, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Origami berhasil meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: hasil belajar, matematika, media origami |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3021 |