Search for collections on Karya Ilmiah

PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA KANTONG BILANGAN

FITRI SEPTIANTY (2023) PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA KANTONG BILANGAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKKegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep nilai tempat suatu bilangan di kelas 1 Sekolah Dasar. Maka dari itu metode atau strategi pembelajaran, dan media pembelajaran sangat diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika mengenai nilai tempat suatu bilangan melalui penerapan pendekatan kontekstual berbantu media kantong bilangan dan Bagaimana tanggapan siswa pada mata pelajaran matematika mengenai nilai tempat suatu bilangan melalui penerapan pendekatan kontekstual berbantu media kantong bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan proses pembelajaran siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan berdasarkan konsep nilai tempatnya dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantu media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 B yang berjumlah 49 orang, terdiri dari 33 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari Kemmis Mc Taggart. Teknik pengumpulan data antara lain menggunakan lembar tes, lembar pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Perkembangan proses pembelajaran mulai dari siklus I ke siklus II terlihat meningkat berdasarkan kegiatan pembelajaran yang semakin kondusif dan antusias siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan nilai tempat bilangan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I pemahaman konsep nilai tempatsuatu bilangan mencapai 61%, sedangkan pada siklus II mencapai 84%. Dengan demikian dalam penelitian ini peningkatan pemahaman konsep nilai tempat suatu bilangan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan media kantong bilangan mengalami peningkatan sebesar 23%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pemahaman konsep matematika, nilai tempat bilangan, pendekatan kontekstual, media kantong bilangan.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item
View Item