ELA ASTUTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SEMESTER 2 SDN MEKARWANGI JATIWARAS TASIKMALAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar siswa yang di bawah KKM menjadi alasan dilakukannya penelitian perbaikan pembelajaran. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah pada materi pembelajaran perpindahan kalor. Alternatif yang digunakan yaitu dengan menerapkan metode eksperimen. Subjek yaitu siswa kelas V SDN Mekarwangi dengan jumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas Spiral Kemmis Mc Taggart, sebanyak dua sikus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes dan data kinerja guru menggunakan format observasi, dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Indikator keberhasilan tindakan adalah rata-rata (=70,00), dan ketuntasan (=85,00%). Dalam penelitian ini memperoleh hasil: (1) metode eksperimen, mampu meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa dengan perolehan 61,92 di pra siklus, 71,54 di siklus I dan 86,15 di siklus II;(2) Metode ekspreimen dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan pencapaian 38,46% di pra siklus, 76,92% di siklus I dan 92,31 pada siklus II. Kesimpulan: metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor melalui metode eksperimen di kelas V semester 2 SDN Mekarwangi Jatiwaras Tasikmalaya.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Perpindahan Kalor, Hasil Belajar, Metode Eksperimen |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3015 |