DWI RAHMAWATI (2023) Penerapan pembelajaran cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami peristiwa cuaca pada pembelajaran IPA di SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami peristiwa cuaca pada pembelajaran IPA di SDN 1 Kertajaya dikarenakan siswa sebagian besar banyak yang tidak paham tentang cuaca. Pada pembelajaran perubahan cuaca biasanya dalam pembelajarannya di sekolah, guru dapat melakukan diskusi yang didalamnya terdapat interaksi antar siswa yang aktif bersama siswa. Sehingga siswa dapat belajar secara langsung untuk memahami konsep pembelajaran tersebut. Kurangnya pembelajaran yang berbasis diskusi pada anak, hal ini slaah satu menjadi penyebab kurang memahami tentang peristiwa cuaca, selain itu tujuan dalam pembelajaran ini adalah untuk mengetahui hambatan siswa terhadap pemahaman peristiwa cuaca, meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas 3 di SDN 1 Kertajaya melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami isi cerita. Dapat dibuktikan dengan jumlah nilai rata-rata sebelum diberi model cooperative elearning 48 dari siklus 1 dengan hasil rata-rata nilai 70 dan siklus 2 dengan jumlah nilai rata-rata 83. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan model cooperative learning mengalami peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Peristiwa Cuaca, Cooperative Learnig, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3014 |