Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHITUNG BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING DENGAN METODE QUIZ PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SDIT AL IRSYAD DERMAYU

PUJI LITA JULIANI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHITUNG BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING DENGAN METODE QUIZ PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SDIT AL IRSYAD DERMAYU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi perhitungan bilangan pecahan pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran contextual teaching dengan metode quiz. Dimana contextual teaching menghubungkan keterkaitan materi pelajaran dengan dunia nyata,sehingga siswa tidak jenuh atau bosan dalam memahami pelajaran matematika. Melalui quiz juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai pada pelajaran matematika, karena kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung bilangan pecahan pelajaran matematika kelas 2 SD. Penelitian ini dilakukan di kelas 2 SDIT Al Irsyad Dermayu dengan jumlah siswa laki-laki keseluruhan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan tingkat kemempuan siswa dalam pemahaman konsep bilangan pecahan pada pelajaran matematika sebelum dilakukannya penelitian tindakan kelas siklus I masih banyak nilai siswa dibawah KKM. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I dan siklus II adanya peningkatan nilai di atas KKM dalam kemampuan siswa memahami konsep bilangan pecahan pada pelajaran matematika. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model contextual teaching dengan metode quiz dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan pecahan pada matematika kelas 2 di SD IT Al Irsyad Dermayu,Kecamatan Indramayu,Kabupaten Indramayu,Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching, Metode Quiz, dan Bilangan Pecahan.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item
View Item