Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Menentukan Amanat dalam Dongeng dengan Menggunakan Metode Role Playing

FIKA LUSIANI (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Menentukan Amanat dalam Dongeng dengan Menggunakan Metode Role Playing. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Mengger 01, ditemukannya permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran mengenai dongeng ini masih banyak ditemukan peserta didik yang belum memahami tentang isi atau makna yang terkandung di dalam dongeng sehingga pesan dari dongeng belum bisa tersampaikan kepada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengatasi masalah tersebut penulis mencoba menggunakan metode role playing pada saat pembelajaran sehingga diharapkan jika peserta didik berperan langsung menjadi tokoh dalam dongeng maka peserta didik akan memahami makna yang terkandung di dalam dongeng tersebut, dan pada akhirnya bisa menceritakan kembali dongeng yang dibaca, pembelajaran pun akan menjadi lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dari hasil penelitian data yang diperoleh mengalami peningkatan, pada pra siklus data menunjukkan hanya 28,9% siswa yang mampu memaknai dongeng, pada siklus pertama mengalami peningkatan menjadi 68,9% dan pada siklus kedua kembali mengalami peningkatan menjadi 86,7%. Dari hasil penelitian dapat dilihat penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Makna Dongeng, Role Playing, Tujuan Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item
View Item