ENDAH PURNAMASARI (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 1 CIPAKEM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya temuan yaitu siswa kelas v SDN 1 Cipakem ketika diadakan pembelajaran IPA materi pesawat sederhana sejumlah 67% siswa belum dapat mencapai KKM atau 33% siswa yang sudah mencapai KKM. Sehingga dikategorikan buruk. Disamping rendahnya belajar, kualitas proses pembelajaran juga belum baik. Perbaikan proses pembelajaran juga perlu dilakukan agar kompetensi siswa dapat ditingkatkan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan materi pesawat sederhana melalui model problem solving. Kerangka berpikir yang diajukan adalah bahwa jika siswa kelas v SDN 1 Cipakem dapat memecahkan masalah dalam pembelajaran dengan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA akan meningkat. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas v mata pelajaran IPA dengan materi pesawat sederhana. Dari hasil penelitian memuktikan ada peningkatan ketuntasan belajar yaitu pada pra siklus 25% pada perbaikan siklus 1 adalah 57% dan perbaikan siklus 2 adalah 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas v SDN1 Cipakem.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Problem Solving, Ketuntasan belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3005 |