Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRET DI KELAS 2 SD NEGERI CIBEBER 2

FITRI MUFLI HATUROHMAH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRET DI KELAS 2 SD NEGERI CIBEBER 2. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran Matematika di kelas II SD. Fokus masalah diuraikan sebagai berikut : Bagaimana penggunaan alat peraga konkret untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SD? Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dengan lembar penilaian kinerja. Langkah penelitian tersebut dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian pada Pra Siklus diperoleh data rata-rata 69,71 hasil belajar siswa dibawah KKM. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh data rata-rata 76,35 hasil belajar siswa sesuai KKM. Hasil penelitian siklus II diperoleh data rata-rata 88,75 hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga konkret secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD. Maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Alat Peraga konkret, PTK, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item
View Item