IHAH SOLIHAH (2023) PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B2 TK AMANAH DESA PARUNG KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKKeterampilan motorik halus anak merupakan salah satu aspek pengembangan pada anak usia dini yang perlu diperhatikan oleh pendidik atau orang tua karena akan berpengaruh pada tahap pendidikan anak selanjutnya. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok B2 TK Amanah Desa Parung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan yakni dengan Penilitian Tidakan Kelas (PTK). Loose part merupakan media pembelajaran yang dapat dipasang dan dibongkar, atau dipisahkan dengan benda lainnya. Media loose part ini menyenangkan bagi anak sehingga anak tidak mudah bosan serta dapat melatih kreativitas anak dalam mencipta atau membuat bentuk. Tujuan analisisi dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui media loose parat pada anak Kelompok B2 TK Amanah tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan perbaikan 2 siklus, pada tiap siklus sterdiri dari 5 pertemuan dengan 5 RPPH. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini anak pada kelompok B2 sebanyak 15 anak. Indikator keberhasilan jika 75% anak mengalami ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh anak dalam keterampilan motorik halusnya mengalami peningkatan yang signifikan yakni pada siklus II mencapai 78,65%, dengan permulaan prasiklus 0,00% dan pada siklus I 49,43%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Motorik Halus, Membuat Bentuk, Loose Part |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2998 |