Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK KINDERFIELD TAHUN AJARAN 2022/2023

WIDIYA SARI (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK KINDERFIELD TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dalam kegiatan bercerita yang belum menarik dan keterampilan anak dalam menyimak cerita yang belum optimal. Berdasarkan data awal observasi, terdapat 20% atau 3 dari 15 anak belum mampu menyimak cerita dengan baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya yang dilaksanakan dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak Kelompok A TK Kinderfield Tahun Ajaran 2022/2023 melalui media buku cerita bergambar telah berhasil. Selain itu, terjadi peningkatan keterampilan menyimak anak sebesar 84,4% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menyimak anak kelompok A TK Kinderfield menunjukkan hasil yang lebih baik dengan menggunakan buku cerita bergambar. ABSTRACTThis research is motivated by the use of media in storytelling activities that are not yet interesting and children's skills in listening to stories that are not optimal. Based on the data at the beginning of the observation, there were 20% or 3 out of 15 children had not been able to listen to stories properly. This type of research is Classroom Action Research which includes four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques in this study are observation and documentation. Data analysis techniques used include descriptive qualitative and descriptive quantitative. From the results of the study, it was concluded that the efforts made to improve the listening skills of group A children at Kinderfield School for the 2022/2023 academic year through the media of picture storybooks have been successful. In addition, there was an increase in children's listening skills by 84.4% in cycle 2. This shows that the listening skills of group A children at Kinderfield School showed better results by using picture storybooks.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: anak usia dini, buku cerita bergambar, keterampilan menyimak Keywords: early childhood, listening skills, picture storybooks
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item
View Item