Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA KELOMPOK B DI TK KINDERFIELD KOTA CIREBON

DINAR PERMATASARI (2023) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA KELOMPOK B DI TK KINDERFIELD KOTA CIREBON. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca anak melalui penggunaan media flashcard pada kelompok B di TK Kinderfield Cirebon. Literasi dasar anak usia dini sangat penting sebagai kegiatan untuk melatih kemampuan berbahasa anak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan pengenalan gambar sederhana serta pengenalan aksara yang tertera pada kertas atau kartu berupa flashcard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Kinderfield School Kota Cirebon Tahun Ajaran 2022-2023. Objek penelitian ini adalah penggunaan media flashcard dalam meningkatkan keterampilan membaca anak. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melalui observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Jika pada siklus 1 hanya 26,6% (4 anak) yang mampu membaca kata dan mencocokan dengan gambar. Setelah dilakukan tindakan siklus 2 mengalami kenaikan sebesar 66,7% (11 anak). Berdasarkan data tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui keterampilan membaca dengan menggunakan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca pada anak. Hasil penelitian menunjukkkan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca untuk anak usia dini. ABSTRACTThe purpose of this study was to improve children's reading skills through the use of flashcard media in group B at TK Kinderfield Cirebon. Early childhood basic literacy is very important as an activity to train children's language skills. This can be done by simple image and character recognition printed on paper or on cards in the form of flashcards. The method used in this research is classroom action research (CAR). The subject of this study was group B Kinderfield School Kindergarten in Cirebon City for the 2022–2023 academic year. The object of this research is the use of flashcard media to improve children's reading skills. The data needed in this study were collected through observation using observation sheets and documentation instruments. The data analysis techniques used are descriptive, qualitative, and quantitative. In cycle 1, only 26.6% (4 children) were able to read words and match the pictures. After the action cycle 2, the number increased by 66.7% (11 children). Based on these data, the results of the study show that the reading method using flashcard media has succeeded in improving children's reading skills. The results of the study show that flashcard media can improve reading skills for early childhood.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Flashcard, Keterampilan Membaca, MediaKeywords: Flashcard, Reading skills, Media
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item
View Item