INDYRA MIRANTY (2023) MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MATERI PENGUKURAN SUDUT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap muatan pelajaran matematika materi pengukuran sudut melalui model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian dilaksanakan dengan cara PTK yang terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus perbaikan pembelajaran. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Kondang 02 Desa Majalaya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun pelajaran 2022-2023 dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan perangkat butir soal tes tertulis. Dalam analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu mencari nilai rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah. Sehingga didapat persentase jumlah siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV materi pengukuran sudut. Hal ini terlihat dari pra siklus siswa hanya memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 53 %, pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat mencapai 73 % sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan signifikan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90 %. Model discovery learning berpusat pada penemuan mandiri, sehingga melatih pengembangan keterampilan siswa dalam berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, discovery learning, berpikir kritis |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2979 |