Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN PEMAHAMAN ANAK YANG TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA TK SEJAHTERA 4 KECAMATAN KAWALU

GINA SITI NURHASANAH (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN ANAK YANG TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA TK SEJAHTERA 4 KECAMATAN KAWALU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad dan membedakan huruf yang bunyi dan bentuknya mirip. Dengan bantuan kartu, peneliti ingin meningkatkan kemampuan mengenal huruf untuk mengenali dan membedakan huruf. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran anak, untuk mengetahui sejauhmana perencanaan dalam meningkatkan pemahamanaanak dan mengetahui sejauhmana keberhasilan media kartu huruf yang di gunakan dalam Membantu meningkatkan pemahaman anak tentang membedakan huruf yang mirip terhadap membedakan huruf yang mirip melalui media Kartu Huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeepenelitian kualitatif deskriptif,,kualitatif deskriptif adalah Perumusan masalah yanggmemandu penelitian untuk mengkaji atau menggambarkanesituasi sosial secaraamenyeluruh, komprehensif dannmendalam. Setelah mengkaji literatur penelitianeini, ditemukan bahwaekemampuanaanak mengenalehuruffmeningkat dengan pembelajaran anakeusia diniimenggunakan teka-teki kata. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwaeperkembangannalfabet meningkat dengannstimulasi kartu alfabet. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perkembangannalfabet meningkat dengannstimulasi kartu alfabet. Dalam permainan kartu, anak mengenal huruf dan bisa langsung bermain dengan kartu alfabet. Selain belajar alfabet, kartu alfabettjuga memungkinkan anak mengenal informasi menggunakan gambar, warna, dan bentuk huruf. Hal ini menunjukkan bahwa subjekkmemperoleh hasil yang baik dalammpengetahuan alfabet karenaadia tidak dapat membedakan huruf yang ada sejak awal dibandingkan dengan subjekk yang dapat membedakan huruf dengan bentuk yang mirip. hasil penelitian penelitian dua siklus, penggunaan kartu bermain huruffdapattmeningkatkannkemampuannanak mengenallhuruffdi TK Sejahtera 4 Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya Terjadi peningkatan sebesar 21,8% dari Siklus I, dan terjadi peningkatan sebesar 52,21% dari Siklus I pada Siklus II. ePertumbuhan ini terjadi karena guru terus meningkatkan pelaksanaan pertemuan sehingga anak-anak disuguhi kegiatan belajar dengan kartu bermain huruf.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Membedakan huruf, Media kartu huruf
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item
View Item