FAJAR MAULANA MUHARRAM (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANGKESEIMBANGAN EKOSISTEM KELAS V. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Keseimbangan Ekosistem pada peserta didik kelas V SDN Solokanjeruk 04 Kecamatan Solokanjeruk melalui penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Solokanjeruk 04 tahun pelajaran 2022/2023 semester genap. Sumber data berasal dari guru, observer, dan siswa. Dengan proses pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Project Based Learning (PJBL) ini juga siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam belajarnya. Kemampuansiswa akan terlihat ketika proses pembelajaran dengan cara observasi dan dalam hasil evaluasi belajar dengan cara memberikan tes evaluasi di akhir pembelajaran dengan menggunakan kriteriapenialaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode PJBL pada materi Keseimbangan Ekosistem, peserta didik kelas V SDN Solokanjeruk 04 dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan ketuntasan 53% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II, aktivitas guru secara keseluruhan kegiatan pembelajaran berlangsung baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Project Based Learning, Keseimbangan Ekosistem, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2976 |