Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Media Bermain Balok Pada Anak Usia Dini

NINDYTHA ANDRYANA RACHMAN (2023) Meningkatkan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Media Bermain Balok Pada Anak Usia Dini. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain balok geometri di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah seluruh siswa 12 anak, dan subjek penelitian adalah 7 anak yang teridentifikasi masalah. Langkah-langkah untuk menganalisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil pengamatan selama 2 siklus, peneliti dapat menyimpulkan bahwa kegiatan bermain balok geometri dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun. Pada siklus 1, beberapa indikator kemampuan mengenal bentuk geometri telah meningkat dengan baik, tetapi masih terdapat anak yang belum mencapai standar penilaian sebesar 80%. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus 2 sebagai perbaikan dari siklus sebelumnya. Pada siklus 2, semua indikator kemampuan mengenal bentuk geometri telah meningkat dengan sangat baik, dengan beberapa indikator mencapai persentase 85,7%. Hal ini menandakan bahwa kegiatan bermain balok geometri yang berpusat pada anak dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Dengan demikian, anak-anak di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah telah berkembang sangat baik dalam kemampuan mengenal bentuk geometri sesuai dengan indikator perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini, Kegiatan Bermain Balok
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item
View Item