Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE RTE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SD PADA MATERI WAKTU

MIRANTI DWI PRAHESTI (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE RTE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SD PADA MATERI WAKTU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar siswa adalah kunci mendasar untuk mendorong terjadinya pembelajaran yang efektif. Motivasi belajar siswa ini dapat muncul akibat beberapa faktor, salah satunya melalui pembelajaran yang bervariasi. Penerapan model cooperative learning tipe RTE pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD pada materi waktu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan instrumen dalam penelitian yamg digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Hasil observasi pada siklus 1 berada pada kategori cukup dan siklus 2 berada pada kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus 1 dan 2 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penerapan model cooperative learning tipe RTE untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi waktu berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD pada mata pelajaran matematika materi waktu. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 56,71% meningkat pada siklus 2 menjadi 83,28%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning tipe RTE, Motivasi belajar, Matematika Materi Waktu.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item
View Item