Search for collections on Karya Ilmiah

EFEKTIVITAS MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS 3 SD NEGERI CANGKUANG 07 KECAMATAN DAYEUHKOLOT

HADIANSYAH (2023) EFEKTIVITAS MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS 3 SD NEGERI CANGKUANG 07 KECAMATAN DAYEUHKOLOT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKMinat membaca pada siswa kelas 3 SDN Cangkuang 07 Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung masih belum memuaskan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan metode membaca yang efektif. Media yang digunakan juga belum bervariasi. selama ini guru hanya menggunakan metode mengeja dan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan kemampuan minat baca pada siswa kelas 3 SDN Cangkuang 07 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung dengan menggunakan media buku teks cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu (1) siklus I dengan tema cerita fiksi tanpa gambar, pembelajaran membaca menggunakan media buku teks cerita sebagai media pembelajarannya. (2) siklus II dengan tema cerita fiksi, pembelajaran membaca menggunakan media buku teks disertai gambar dan infokus sebagai media tambahan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Cangkaung 07 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa 20 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, diskusi, tanya jawab dan tes.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan buku teks cerita bergambar sebagai medianya terbukti dapat meningkatkan kemampuan minat membaca bagi siswa kelas 3 SDN Cangkuang 07 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, yaitu nilai rata-rata 50,30 menjadi 80,35 yakni meningkat 60%. Sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan maka peningkatan ini tergolong baik. Penggunaan media buku cerita bergambar ini berdampak pada peningkatan aktifitas dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.Saran dalam penelitian adalah guru harus pandai-pandai memilih metode dan media pembelajaran yang tepat dan efektif dalam pembelajaran membaca. Guru hendaknya menggunakan media pembelajaran seperti buku cerita disertai gambar berwarna sehingga lebih menarik siswa untuk membacanya.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: buku cerita bergambar, metode, minat membaca, siswa
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item
View Item